7 Penyebab Laptop Lemot Windows 7, 8 dan 10

Penyebab Laptop Lemot Windows 7, 8 dan 10 – Laptop sekarang ini menjadi barang wajib yang harus dimiliki terutama bagi para pelajar, mahasiswa atau pekerja. Karena dengan laptop dapat membantu pekerjaan dan tugas sehari-hari kita. Tetapi dari manfaat tersebut biasanya ada masalah yang kebanyakan para pengguna laptop mengalaminya yaitu laptop yang lemot sehingga membuat jengkel penggunanya.

7 penyebab laptop lemot

7 penyebab laptop lemot

Untuk laptop-laptop yang masih baru beli biasanya jarang mengalami masalah lemot, tetapi untuk laptop yang sudah lama biasanya penyakit ini mulai muncul. Lebih parahnya lagi laptop lemot ini akan menganggu kinerja kita dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan, apalagi jika sedang menghadapi deadline pastinya anda akan dibuat tambah pusing.

Selain menghambat dalam hal tugas dan pekerjaan, laptop yang lemot juga menganggu saat melakukan gaming atau kegiatan multitasking lainnya. Untuk mengatasi masalah laptop lemot tersebut anda harus mengetahui dulu penyebabnya dulu sebelum mengatasinya, jangan sampai anda malah salah melakukan tindakan. Nah berikut ini saya akan menjelaskan cara mengatasi laptop yang lemot dibawah ini :

Penyebab Laptop Lemot Windows 7, 8 dan 10

  1. Kapasitas RAM yang kecil

    RAM teralalu kecil

    RAM teralalu kecil

Random Acces Memory atau RAM merupakan elemen yang paling penting untuk kegiatan multitasking. RAM ini bertugas sebagai memory sementara pada saat menjalankan program dikomputer, jadi jika semakin besar RAM maka proses multitasking laptop anda akan semakin cepat. Untuk tips bagi yang membeli laptop dengan kapasitas RAM standart usahakan agar mengupgradenya dengan kapasitas yang lebih besar.

  1. Banyak program yang berjalan

Nah sudah dibahas diatas, penyebab laptop lemot adalah kebanyakan program yang berjalan sehingga RAM menjadi penuh bahkan parahnya laptop bisa not responding. Usahakan agar mematikan aplikasi-aplikasi backgroud yang tidak begitu penting dan memakan banyak memory.

  1. Terserang virus/malware pada laptop

Selain merusak data-data penting, virus juga memperberat kerja RAM dan prosesor sehingga laptop akan menjadi lebih lemot dari biasanya, solusinya adalah dengan menginstall antivirus pada laptop.

  1. Menginstall program yang berat

Jika spesifikasi laptop anda tidak kuat untuk program-program berat seperti adobe collection atau game berat maka jangan dipaksakan karena nantinya laptop anda akan lemot karena spesifikasinya kurang mumpuni untuk menjalankan.

  1. Kebanyakan program yang terinstall

    Program banyak yang berjalan

    Program banyak yang berjalan

Program yang terinstall dilaptop walaupun tidak digunakan akan tetap berjalan, sehingga anda tidak perlu install program-program yang tidak ada gunanya dilaptop anda.

  1. Bersihkan file-file temporary secara berkala

Untuk membersihkan file ini anda bisa menggunakan aplikasi Ccleaner atau sejenisnya. Usahakan melakukan pembersihan secara berkala agar laptop anda lebih ringan saat digunakan.

  1. Hardware laptop ada yang bermasalah

    Fan laptop rusak

    Fan laptop rusak

Hardware laptop juga bisa jadi penyebab laptop lemot terutama fan pada prosesor. Karena jika hardware terlalu panas maka kinerjanya akan menurun dari normalnya sehingga membuat laptop menjadi lemot. Jadi usahakan agar selalu membersihkan hardware pada laptop anda.

Nah demikian pembahasan mengenai 7 penyebab laptop lemot dan solusinya yang bisa ditempuh agar laptop menjadi lebih cepat. Silahkan anda mempraktekannya dirumah dan semoga berhasil. Terima kasih

IKLAN
7 Penyebab Laptop Lemot Windows 7, 8 dan 10 | Eril Obeit Choiri | 4.5