3 Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android dan Laptop

Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android dan Laptop – Barcode pada umumnya banyak ditemukan di supermarket ataupun tempat belanja besar lainnya. Biasanya barcode tersebut menempel pada suatu produk denga tujuan untuk mempermudah pendataan barang masuk dan keluar.

Pada zaman dahulu fungsi barcode pun dikenal untuk melacak sebuah kereta api. Namun, seiring dengan perkembangan zaman barcode pun digunakan untuk kebutuhan lain seperti untuk memindai penunjuk jalan, menginstall aplikasi, dan lain sebagainya.

Karena kecanggihan tersebut siapapun bisa membuat dan menggunakannya sesuai dengan keperluan. Uniknya pembuatan barcode tersebut bisa dilakukan di hp dan laptop. Penasaran dengan cara pembuatan barcode tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini dalam pembahasan 3 Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android dan Laptop.

Baca juga : Cara Login Whatsapp dengan Nomor yang Sudah Tidak Aktif

Langkah Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android dan Laptop

  1. Membuat Barcode Melalui Hp Android

Langkah pertama untuk membuat barcode bisa dilakukan menggunakan Hp Android. Seperti yang diketahui bersama, hp android memiliki play store dimana fungsinya untuk bisa mendownload berbagai aplikasi. Karena itu jika Anda ingin membuat barcode menggunakan hp android ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Aplikasi Barcode Hamsoft Uganda

Aplikasi ini diciptakan untuk mempermudah seseorang membuat barcode. Karena itu proses pembuatannya pun simple, mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Ketika Anda sudha mendownloadnya dan ingin menggunakannya langkah yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan kode pada aplikasi tersebut.

Kemudian Anda bisa mengatur lebar maupun tinggi dari barcode tersebut. Setelah selesai dibuat Anda hanya perlu mengsave dan beberapa menit kemudian barcode pun sudah jadi serta bisa digunakan.

  • Aplikasi Barcode Generator

Di dalam aplikasi tersebut terdapat sebuah pilihan untuk membuat barcode. Barcode yang digunakan pun beragam diantaranya jenis QR Code sampai dengan jenis barcode yang bisa ditempelkan untuk sebuah produk yang dipasarkan di swalayan atau supermarket.

  • Aplikasi Barcode Architect

Aplikasi yang dibuat oleh seorang developer bernama Simon Boylen ini tergolong mudah dan bisa dibuat oleh siapapun. Kelebihan yang ada pada aplikasi tersebut adalah bisa membuat Barcode 1D tanpa batas dan diakses dengan mudah.

  1. Membuat Barcode dengan Menggunakan Microsoft Excel

Cara berikutnya untuk membuat barcode selain di hp Anda pun bisa membuatnya dengan laptop. Media yang digunakan untuk membuat barcode tersebut adalah menggunakan microsoft excel yang memang sudah sangat familiar untuk membuat rumus atau lain sebagainya. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah ‘Font Tools” pada website Idautomation.con
  • Pilih menu uatama dan cari tentang ‘Micrososft Office macros & VBA for Excel, Access & Word”.
  • Klik tombol merah atau download, kemudian save file tersebut di laptop Anda
  • Selanjutnya dlaam file yang tersimpan tersebut hasil unduhan akan berbentuk “Barcodefunctions.zip”. Tugas Anda adalah membuka zip tersebut dengan cara mengekstraknya. Dengan tujuan agar bisa dibuka di Micrososft excel.
  • Bukalah program microsoft excel pada laptop Anda, kemudian pilih “Tools” yang tertera pada toolbar yang berada di atas.
  • Setelah itu pilih “Import file” dan masukkan file yang sudah diunduh serta diekstrak sebelumnya. Agar memudahkan biasanya nama file tersebut adalah “Idautomation.bas”. Kemudian masukkan file tersebut ke dalam sebuah folder yang bernama “Modules”
  • Buka worksheet baru pada microsoft excel.
  • Kemudian ketikkan Angka dan kode “=Code128(A1)”  pada kolom B2 worksheet kemudian tekan enter.
  • Bila berhasil Barcode dengan sendirinya akan muncul di sebelah kolom B2.
  1. Membuat Barcode dengan Online

Jika Anda ingin membuat barcode dengan menggunakan laptop bisa dubuat secara online. Tentunya hal yang harus dipersipakan adalah kuota yang memadai serta jaringan yang terkoneksi dengan baik. Jika sudah siap dengan segala amunisi, maka yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs website Barcode.gs1us.org untuk mendapatkan UPC atau ISBN pada produk nda yang akan dipasang sebauh barcode. Sebelum mendapatkan UPC, Anda diminta untuk mengisi sebuah data tentang produk Anda.

Setelah selesai mengisi data yang lengkap, maka kode UPC atau ISBN pun akan didapatkan.

  • Barcode pun akan diproses oleh situs GSI tersebut, Anda tinggal meununggu beberapa menit saja. Jangan khawatir akan kualitasnya karena memang GSI sudah mengantongi sertifikat resmi untuk membuat sebuah barcode.

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan Unik Keren di WA

Situs di atas biasanya digunakan untuk keperluan sebuah bisnis. Jika Anda ingin menggunakannya untuk keperluan lain, maka dalam hal pembuatan barcode bisa mengunjungi link CreateBarcodes.com. Cara pembuatan cukup mudah tinggal mengikuti setiap instruksi yang diminta oleh situs tersebut.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai 3 Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android dan Laptop. Bagaimana mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

aplikasi berkode supermarket untuk hanphone
3 Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android dan Laptop | Sundus Afifah | 4.5
Title

Klik 2x untuk menutup (x)

Selamat Datang

Di majalahponsel.org